Pentingkah sejarah - Catatanku
Headlines News :
Home » » Pentingkah sejarah

Pentingkah sejarah

Written By Harmoko, A.Md on Selasa, 11 Juni 2013 | 20.53

Dengan melihat sejarah masa lalu, maka kita akan melihat bagaimana sejarah masa depan.
Karena begitu pentingnya sejarah, maka tidak jarang penguasa membuat cerita sejarah dan memutar balikkanya menurut kepentingannya.

Cita rasa sejarah akan selalu sepadan untuk mempertahankan kekuasaan atau sekedar membuat opini publik tentang siapa A dan siapa B yang lama kelamaan mencuci otak masa kini.
Seorang komentator menulis : "sejarah biarlah sejarah, sekarang adalah sekarang". Padahal cara pandang demikian akibat dibentuk oleh sejarah pula.

Begitu pentingnya sejarah, bertahun dan berabad-abad lamanya para ilmuan rela hati mengumpulkan data, menggali, dengan anggaran yang tak terhitung jumlahnya, tujuannya cuma satu : "Menemukan sejarah dan fakta masa lalu"

Kitab yang paling diagungkan penganutnya, Al-Qur'an, Injil, Wedah, Tripitaka, Talmud dan lain sebagainya adalah buku sejarah paling populer yang menjadi pedoman masa kini dan masa depan.   

Contoh paling kecil, ketika kami makan bangku perguruan tinggi, sebuah jurusan yang identik berbicara tentang teknologi masa depan, untuk pertama kalinya, kami diperkenalkan dengan sejarah yang menjadi objek konkrit yang harus didapat jika wisudah. Tentu, yang lain juga tidak jauh beda bukan ?? 

Jadi melupakan sejarah sama seperti kacang yang lupa dengan kulitnya.
 
Perlu diketahui pula bahwa, tolok ukur berhasil dan tidaknya pekerjaan masa kini adalah masa lalu (sejarah). 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Facebook

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger